Social Icons

Selasa, 18 Februari 2014

cara membuat robot

Saya mau share sedikit nih gan/sis ilmu robotik yang pernah ane dapetin dan pernah ane buat dulu waktu pertama belajar robot, artikel ini ane beri judul Cara Membuat Robot Avoider Sederhana.
Mengapa disebut robot avoider (robot halang rintang) karena pada dasarnya robot ini menggunakan limit switch sebagai sensornya apabila robot menabrak benda atau dinding maka secara otomatis robot akan berputar ke kanan atau kekiri bisa juga mundur, robot ini juga menggunakan 2 buah relay 5 volt 8 pin sebagai penggerak motor dc.

Ini gan penampakan hasil robotnya yang ane buat. sederhana banget kan
Dikatakan sederhana karena dari segi rangkaiannya hanya menggunakan komponen umum yang bisa dibeli ditoko elektronik, rangkaianya bisa anda cari dan download di situs gruprobot.com dengan keyword Tutebot.
Kalo males nyari ini tak sempilin gambar skemanya gan..



Penyusunan komponen harus rapih gan, rangkaian kita buat 2 kali untuk motor kiri dan kanan seperti gambar dibawah ini :



Supaya nggak repot gan saya sudah gambarkan rangkaianya dengan software diptrace, ini saya share PCB tampak atas dan tampak bawah.


Ukuran PCB ini sudah saya export dengan ukuran 412 pixel, jadi nanti jika mau dicetak tinggal lihat caranya divideo dibawah ini :  
Wah gampang banget ya gan, tinggal disetrika ke PCB jadi deh....


 Selamat bereksperimen ya..... sory belum sempet rekam aksi si robot ini... next time bakalan di share.

1 komentar:

 
animasi  bergerak gif
My Widget